Minggu, 27 Juni 2010

Arsitektur Byzantium

Lokasi



Arsitektur Byzantium merupakan arsitektur yang berada di zaman Yunani kuno,tepatnya di Konstantinopel.
Konstantinopel merupakan salah satu kota terpenting di dunia, kota ini dikelilingi tembok-tembok besar yang kokoh yang dikenal dengan nama tembok konstantin, yang dibangun pada tahun 330 Masehi oleh Kaisar Constantine I. Konstaninopel memiliki posisi yang sangat penting di mata dunia. Konstantinopel merupakan salah satu kota terbesar dan benteng terkuat di dunia saat itu, dikelilingi lautan dari tiga sisi sekaligus, yaitu selat Bosphorus, Laut Marmarah dan Tanduk Emas (golden horn) yang dijaga dengan rantai yang sangat besar, hingga tidak memungkinkan untuk masuknya kapal musuh ke dalamnya. Kota ini merupakan sebuah magnet komersial, kultural, dan diplomatik. Dengan letak strategisnya itu, Konstantinopel mampu mengendalikan rute antara Asia dan Eropa, serta pelayaran dari dari Laut Mediterania ke Laut Hitam. Pentingnya posisi konstantinopel ini digambarkan oleh Napoleon dengan kata-kata “…..kalaulah dunia ini sebuah negara, maka Konstantinopel inilah yang paling layak menjadi ibukota negaranya!”.


Info Utama

Byzantium (Bahasa Yunani: Βυζάντιον) adalah sebuah kota Yunani kuno, yang menurut legenda, didirikan oleh para warga koloni Yunani dari Megara pada tahun 667 SM dan dinamai menurut nama Raja mereka Byzas atau Byzantas (Bahasa Yunani: Βύζας atau Βύζαντας). Nama "Byzantium" merupakan Latinisasi dari nama asli kota tersebut Byzantion. Kota ini kelak menjadi pusat Kekaisaran Byzantium, (Kekaisaran Romawi penutur Bahasa Yunani menjelang dan pada Abad Pertengahan dengan nama Konstantinopel. Setelah jatuhnya Konstantinopel ke tangan Kerajaan Ottoman, kota ini selanjutnya dikenal sebagai Istanbul bagi Bangsa Turki Ottoman, namun nama tersebut belum menjadi nama resmi kota ini sampai tahun 1930.

Sejarah Byzantium

Asal-usul Bizantium terselubung legenda. Menurut legenda tradisional, Byzas dari Megara (sebuah kota dekat Athena) mendirikan Byzantium, tatkala dia berlayar ke arah Timur Laut melintasi Laut Aegea. Byzas telah meminta nasehat dari Orakel di Delphi mengenai tempat untuk mendirikan kota barunya. Orakel memberitahukan kepadanya untuk mendirikan kota di "depan si buta." Saat itu, dia belum memahami ramalan orakel itu. Namun setelah sampai ke Bosporus, barulah disadari maknanya: di pesisir Asia berdiri sebuah kota Yunani, Khalsedon. Mesti merekalah yang dimaksud dengan "si buta" karena tidak melihat wilayah yang nyata-nyata superior yang hanya setengah mil jauhnya di seberang Bosporus. Byzas mendirikan kotanya di wilayah "superior" itu dan menamakannya Byzantion menurut namanya sendiri. Kota Byzantium terutama adalah sebuah kota niaga karena lokasinya yang strategis di satu-satunya pintu masuk ke Laut Hitam. Byzantion kelak menaklukkan Khalsedon, yang terletak di seberang Bosporus.

Setelah bersekutu dengan Pescennius Niger melawan sang pemenang, Septimius Severus, kota ini dikepung pasukan Romawi dan menderita kerusakan parah pada tahun 196. Byzantium kemudian dibangun kembali oleh Septimius Severus, yang saat itu telah menjadi kaisar, dan dengan segera memulihkan kemakmurannya. Lokasi Byzantium menarik perhatian Kaisar Romawi Konstantinus I yang, pada rahun 330 Masehi, membangun-ulang kota itu menjadi Nova Roma. Setelah mangkatnya, kota ini disebut Konstantinopel ('kota Konstantinus'). Kota ini selanjutnya menjadi ibukota Kekaisaran Romawi Timur, yang kelak disebut kekaisaran Byzantium oleh para sejarawan.

Kombinasi imperialisme dan lokasi ini mempengaruhi peran Konstantinopel sebagai titik-penyeberangan antara dua benua: Eropa dan Asia. Kota ini merupakan sebuah magnet komersial, kultural, dan diplomatik. Dengan letak strategisnya itu, Konstantinopel mampu mengendalikan rute antara Asia dan Eropa, serta pelayaran dari dari Laut Mediterania ke Laut Hitam.

Pada tanggal 29 Mei 1453, kota ini jatuh ke tangan Bangsa Turki Ottoman, dan sekali lagi, menjadi ibukota dari sebuah negara yang kuat, yakni Kerajaan Ottoman. Bangsa Turki menyeut kota ini Istanbul (meskipun tidak secara resmi diganti namanya sampai tahun 1930) dan terus menjadi kota terbesar (dan mungkin juga kota terpenting) dari Republik Turki, sekalipun yang menjadi ibukota Turki adalah Ankara.

Bizantium dibagi dalam 3 periode, yakni periode awal, pertengahan dan akhir.

Periode Bizantium awal, dari permulaan abad ke 6 sampai pertengahan abad ke 9 adalah abad eksperimen desain bangunan. Bentuk Basilika yang memanjang masih dipakai, akan tetapi tidak cocok dengan kebiasaan setempat yang mempersembahkan misa di tengah-tengah ruang utama gereja dan buka pada salah satu sudut ruangnya,s ehingga denah basilica yang memanjang tidak dapat untuk upacara tersebut. Sedangkan salib Yunani yang panjang keempat sayap sama, lebih cocok digunakan untuk upacara tersebut. Kebanyakan gereja berukuran kecil, bagian dalam berkesan terang dan luas karena kesederhanaan bentuk pilaster dan pelengkung tanpa hiasan serta terang yang diperoleh dari bukaan jendela dan pintu yang leber, juga lubang-lubang yang dibuat pada atap kubahnya.

Dalam periode pertengahan antara akhir abad ke 9 sampai pertengahan abad ke 13 tidak lagi mempergunakan 1 type dasar bangunan gereja, di masa ini digunakan 4 gaya terpusat yang berbeda masing-masing terdiri dari inti kubah yang dibentuk menjadi beraneka ragam kombinasi antara lain segi-8 dan bujur sangkar, sedangkan bagian sudut berkubah dihubungkan dengan ruang inti dengan mengurangi ukuran pilaster, sehingga berkesan luas. Kesan lembut diperoleh dari hiasan yang rumit, dan bagian dalam menjadi remang-remang. Sedangkan kesederhanaan dan ketegasan bentuk pada periode sebelumnya hilang.

Periode akhir hampir sama dengan periode pertengahan, sedangkan pengembangannya ditekankan pada unsur vertical baik bagian luar maupun dalamnya. Gereja periode pertengahan biasanya mempunyai satu kubah bola, pada periode akhir mempunyai 5 kubah bola, yaitu kubah besar ditengah dan kubah yang lebih kecil pada masing-masing sudutnya.



Bangunan Masa Byzantium
1. Gereja Hagia Sophia
Dibangun pada masa kaisar pertama Constantin dan diperbaiki kembali setelah terbakar dan hancur oleh Kaisar Yustinianus pada tahun 517 AD. Bangunan ini merupakan masterpiece dari masa Byzantium, terbesar dan tertinggi diantara gereja lain di Konstantinopel. Gerja ini menjadi pusat pemerintahan dunia Kristen Orthodoks.
Lebar gereja mencapai 305 meter dan tinggi ± 548 meter, dengan sekeliling dinding yang dihias mosaic warna warni serta cmerlang keemasan. Arsitek (pada zaman Yustinianus) adalah Isodorus dari Miletus dan Anthemius dari Tralles.
Bangunan ini pada tahun 1453 M, diduduki oleh bangsa Turki dan diubah menjadi Mesjid, dengan mnghilangkan bagian-bagian yang berhias gambar makhluk hidup.
Kata Haghia sophia berasal dari bahasa Yunani yang artinya "kebijakan suci", bangunan ini terletak di Istanbul, Turki. Awalnya, bangunan ini adalah sebuah gereja lalu berubah menjadi masjid dan sekarang telah menjadi museum. Bangunan ini dibangun pada masa kekuasaan Justinian oleh Anthemius dari Tralles(seorang ilmuwan,ahli geometri serta pengarang buku berjudul "Potongan Kerucut dan Kubah") dan Isidorus dari Miletus( profesor bidang fisika dan stereometri di Konstantinopel) diselesaikan dalam kurun waktu kurang dari 6 tahun, akibat desainnya dan mungkin karena pengerjaan konstruksi yang terlalu cepat maka strukturnya tidak stabil. kubah pertama runtuh akibat gempa dan kubah penggantinya pun harus diperbaiki karena runtuh Bangunan ini menggabungkan antara Basilika longitudinal dengan bentuk bangunan terpusat, dengan kubah utama besar yang ditopang oleh pendentive dan semikubah di kedua sisinya.









2. Forum Constantinous
Merupakan forum besar diantara 6 forum umum kota, didominasi oleh porfir. Disini para kaisar merayakan kemenangannya, para saudagar bertemu membicarakan usaha mereka dan lain-lain kegiatan penduduk.

3. Hypodrom
Letaknya berdekatan dengan gereja Hagia Sophia, bangunan ini berfungsi sebagai tempat untuk pertunjukan pacuan kereta pada mulanya, selanjutnya berkembang untuk tontonan serbaguna, pertarungan tombak, akrobat dan lain-lain.
Bangunan ini sangat mirip dengan Circus Maximus yang ada di Roma, dimana panjang arenanya mencapai 396 meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar